• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Luar Biasa...!!! Bukan Hanya Daunnya Ternyata Akar Dari Tanaman Ini Juga Memiliki Khasiat Luar Biasa Untuk Kesehatan, Berikut Penjelasannya...!!!

 

daun sembung

Daun sembung sejak lama di kenal mempunyai manfaat sebagai obat sehingga sering sekali dipakai sebagai bahan ramuan untuk bikin obat tradisional
Manfaat serta Manfaat daun Sembung untuk Penyembuhan Tradisional – Apa yang umum kita lakukan saat tiba-tiba terserang sakit ringan seperti flu? Bersin-bersin serta sakit kepala yang hebat melanda, disertai batuk berdahak yang membuat tenggorokan sakit. Bila tengah alami hal itu, umumnya kita akan segera mencari persediaan obat yang kita simpan, entah di lemari atau di kotak obat khusus.

Kita menelan pil itu atau meminum cairan obat yang sudah di kenal ampuh untuk menyembuhkan flu. Hal itu memang cara yang tepat untuk mengatasinya, tetapi tahukah Anda kalau ada obat alamiah yang juga ampuh untuk menangani flu? Tanaman tradisional ini sudah terbukti khasiatnya dari sejak zaman nenek moyang kita, yaitu daun sembung.

Mungkin ada banyak dari Anda yang belum mengetahui apakah itu daun sembung. Daun sembung mempunyai nama ilmiah Blumea balsamifera serta termasuk tanaman perdu atau semak. Umumnya daun sembung tumbuh liar di dataran-dataran rendah serta tersebar d Indonesia serta semua Asia tenggara. Selain nama sembung, di Indonesia tanaman ini memiliki bermacam-macam nama. Di Sunda, orang menyebutnya sembung utan, di Madura nama yang di kenal yaitu kamandhin, di Sumatra, capa atau capo lebih di kenal, sementara di Ternate, sembung dimaksud dengan apompase atau mandikapu.

Manfaat Daun Sembung untuk Obat 
Bagaimana bentuk daun sembung tersebut? Tanaman perdu ini umumnya tumbuh sampai mencapai tinggi 4 m. Tegak lurus serta memiliki rambut halus. Daun di bagian bawah tanaman ini bertangkai, sesaat sisi atasnya berseling-seling daun yang merunduk dengan bentuk bundar seperti telur serta lonjong. Sisi pangkal daun serta ujungnya lancip, pinggirannya bergerigi. Pada tangkai daunnya sendiri umumnya ada dua hingga 3 daun penambahan. Sisi atas permukaan daunnya sedikit kasar, namun sisi bawahnya halus seperti beludru. Sembung memiliki bunga berwarna kuning yang nampak di pucuk cabangnya.

Sisi tanaman sembung yang umumnya dipakai untuk pengobatan adalah sisi akar dan daun, baik dalam kondisi segar atau waktu telah kering. Kandungan senyawa kimia didalam daun sembung yaitu limonene, cineole, borneol, glukosida, dimethyl ether phloroacetophenone, asam palmitin, 4lk0h0l sesquiterpen, minyak siri serta zat yang bergetah yang dipakai untuk kapur barus. Khasiatnya? Sebagai penambah nafsu makan, obat sakit perut, pengencer darah, obat batuk, pereda nyeri h41d, serta luka luar seperti gatal-gatal serta bisul. Untuk penyakit paru-paru seperti bronkhitis juga, daun sembung begitu bermanfaat sebagai obat.

Daun sembung sebagai obat diare 

Manfaat yang paling sering dimanfaatkan dari daun sembung yaitu khasiatnya dalam menolong permasalahan pencernaan. Bila seorang memiliki permasalahan sakit perut atau diare, berikut yang perlu dikerjakan :

- Ambillah segenggam daun sembung,
- bersihkan dengan air bersih. 
- Potong jadi beberapa bagian kecil. 
- Rebus irisan daun dengan 3 gelas air sampai cuma tersisa setengahnya. 
- Tambahkan madu untuk mengurangi rasa pahit. 

Umumnya ramuan ini diminum tiga kali satu hari, dengan jumlah 2 ½ gelas setiap kali minum.

Daun sembung sebagai obat flu dan batuk 

Seperti sudah dijelaskan dimuka, daun sembung begitu bermanfaat waktu seorang tengah alami flu serta batuk. Untuk menyembuhkan penyakit ini, silahkan simak tata langkah tersebut :

- Siapkan ¼ genggam daun sembung, 
- Pulo sari sebesar satu jemari, 
- 1/2 sendok adas, 
- ¼ genggam kayu angin, 
- 1/3 genggam daun bayam duri. 
- Bersihkan semuanya bahan dengan air bersih. 
- Rebus bahan dengan 4 gelas air sampai tersisa separuh. 

Ramuan ini baiknya diminum secara rutin pada pagi serta sore hari sampai benar-benar sembuh.

Daun sembung sebagai pereda nyeri h41d 

Untuk wanita yang tengah kedatangan tamu bulanan, nyeri yang terasa terkadang tidak tertahankan. Daun sembung dapat menolong untuk mengurangi rasa nyeri itu. Tersebut langkah-langkahnya :

- 5 helai daun sembung, 
- 5 biji Glassware, 
- Semuanya dipanggang serta lalu dihaluskan, 
- Rebus dengan air bersih sejumlah 2 gelas, 
- Diamkan sampai tersisa 1 gelas, 
- Saring serta ambil air hasil rebusan. 

Ramuan ini baik diminum setelah telah dingin. Niscaya nyeri h41d akan mereda.

Daun sembung sebagai perangsang nafsu makan 

Waktu Anda terasa tidak memiliki nafsu makan, daun sembung juga dapat membantu. Berikut cara-caranya :

- Siapkan 6 lembar daun sembung, 
- Rebus di air sebanyak 2 gelas, 
- Diamkan hingga yang tersisa yaitu 1 ½ gelas, 
- Saring dan ambil air rebusan. 

Ramuan ini dapat diminum setiap hari, pagi serta sore. Bila dirasa terlalu pahit, Anda dapat menambahkan sedikit madu di dalamnya.

Akar sembung sebagai obat rematik sendi 

Bukan cuma daunnya, bagian akarnya juga bermanfaat sebagai obat tradisional. Waktu terserang nyeri di sendi karena rematik, akar sembung bermanfaat untuk mengobatinya. Langkahnya yaitu :

- Siapkan akar sembung sebanyak 30 gr, 
- Siapkan juga 60 gr daun gandarusa, 
- Cuci bersih kedua bahan itu, 
- Rebus dengan air sejumlah tiga gelas, 
- Biarlah hingga sisa air rebusan cuma satu gelas. 
- Saring serta ambillah air hasil rebusan. 

Ramuan obat ini baiknya diminum sejumlah 2 x dalam satu hari. Minumlah sejumlah sekitaran 2 ½ gelas.

Sekianlah sebagian manfaat serta manfaat daun sembung. Sesungguhnya ada banyak manfaatnya yang lain, seperti menyembuhkan maag serta nyeri dada. Bahkan juga cacingan juga bisa diatasi dengan tanaman ini. Pada dasarnya cukup dengan merebus akar atau daunnya saja, Anda akan telah memperoleh ramuan obat tradisional yang menyehatkan serta yang tentu tambah lebih murah dari pada membeli obat di apotek. Bila terasa sangat pahit, madu yaitu penambahan yang sehat untuk memberi rasa.

Luar Biasa...!!! Bukan Hanya Daunnya Ternyata Akar Dari Tanaman Ini Juga Memiliki Khasiat Luar Biasa Untuk Kesehatan, Berikut Penjelasannya...!!! 4.5 5 Unknown Daun sembung sejak lama di kenal mempunyai manfaat sebagai obat sehingga sering sekali dipakai sebagai bahan ramuan untuk bikin obat tradisi...