• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Untuk Bapak-bapak Dan Ibu-ibu... Mulai Sekarang Kenalilah Gejala Dan Obat Penyakit Gondongan Pada Anak....!!! Bacalah Untuk Lebih Jelasnya...!!!

 

penyakit-gondongan-pada-anak

Penyakit gondongan pada anak adalah suatu penyakit menular. Penyakit ini ditularkan oleh virus Paramyxovirus yang menyerang kelenjar yang terletak dia antara rahang dan telinga. Infeksi yang disebabkan oleh virus ini mengakibatkan pipi sisi bawah serta leher sisi atas membengkak.

Penyakit gondongan atau dalam dunia medis di kenal sebagai Parotitis atau Mumps ada di seluruh dunia dan cenderung menyerang anak-anak. Walau demikian, banyak juga masalah dimana orang dewasa diserang virus ini. Walau demikian, pada orang dewasa virus gondongan ini cenderung menyerang sistem syaraf pusat, p4yud4r4, buah zakar, prostat serta organ tubuh yang lain.

Penderita penyakit gondongan biasanya yaitu mereka yang kekurangan zat Iodium dalam badannya. Mereka yang konsumsi obat-obatan yang berfungsi menekan hormone tiroid juga memiliki kemungkinan tinggi untuk menderita penyakit gondongan. Penyebaran virus gondongan terjadi melalui kontak cairan pasien dengan orang sehat.


Tanda-tanda Penyakit Gondongan Pada Anak 

Percikan ludah serta air seni penderita mengandung virus gondongan. Jika percikan ini tentang tubuh orang sehat, jadi ia berkemungkinan besar terinfeksi virus itu. Terutama jika orang sehat itu mengalami penurunan ketahanan tubuh.

Masalah penyakit gondongan jarang diketemukan pada anak dibawah 2 th.. Ini dikarenakan mereka umumnya masih mempunyai antibodi yang baik, terlebih anak berumur dibawah 2 th. yang memperoleh air susu ibunya. Tanda-tanda penyakit gondongan pada anak biasanya tidak terdeteksi dengan jelas.

Umumnya anak bahkan tidak menunjukkan tanda-tanda sama sekali. Tanda-tanda awal biasanya deman tinggi disertai sakit kepala, nyeri pada rahang belakang, nyeri otot dan tidak ada nafsu makan. Rahang belakang juga seringkali terasa kaku hingga anak susah buka mulutnya. Tanda-tanda awal ini diikuti dengan tanda-tanda kelanjutan berupa pembengkakan dibawah telinga.

Obat Penyakit Gondongan Pada Anak 

Anak yang pernah terserang penyakit gondongan, umumnya akan mempunyai kekebalan pada penyakit ini seumur hidupnya. Hampir semua anak yang pernah menderita gondongan akan sembuh sendiri. Tetapi bukanlah mustahil ada komplikasi bila pengobatannya kurang tepat.

Komplikasi itu dapat berupa peradangan pada kantong (untuk anak lelaki), peradangan pada indung telur (pada anak wanita), peradangan pada pancreas, ginjal serta peradangan pada sendi. Obat penyakit gondongan pada anak lebih ditunjukkan untuk mengurangi gejalanya. Penderita harus memperoleh istirahat cukup dan juga makanan bergizi supaya kekebalan tubuhnya meningkat.

Pada zaman dulu, anak-anak yang menderita gondongan umumnya di beri blau atau bubuk pewarna untuk baju. Hingga hari ini belum diketemukan hubungan pada penyakit gondongan dan pemberian blau itu, karena dengan cara medis memanglah tidak dianjurkan. Akan tetapi pada banyak kasus, penderita gondongan yang di beri blau lebih cepat sembuh.

Penyakit gondongan pada anak sesungguhnya adalah penyakit yang akan sembuh sendiri tanpa obat. Tetapi dibutuhkan istirahat cukup dan makanan yang terjaga kandungan gizinya.


sumber; disehat.com

Untuk Bapak-bapak Dan Ibu-ibu... Mulai Sekarang Kenalilah Gejala Dan Obat Penyakit Gondongan Pada Anak....!!! Bacalah Untuk Lebih Jelasnya...!!! 4.5 5 Unknown Penyakit gondongan pada anak adalah suatu penyakit menular. Penyakit ini ditularkan oleh virus Paramyxovirus yang menyerang kelenjar yang te...