• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

HATI HATI DALAM memanjangkan kuku. INI LHO HUKUM MEMANJANGKAN KUKU DALAM ISLAM. BACA SELENGKAPNYA ,, TOLONG DI SHARE YA

 


Kuku yang cantik dan terawat tentu jadi satu diantara daya tarik sendiri. Keberadaannya makin mengambil perhatian dengan banyaknya bentuk perawatan yang bisa dikerjakan.

Semakin panjang, kuku yang terawat semakin memperindah lentik ruas-ruas jari. Tak heran, baik wanita maupun pria banyak yang memanjangkan kuku-kukunya. Tujuannya yakni untuk menunjang penampilan dan berikan rasa meyakini diri.

Namun untuk Umat Islam, ada baiknya menyimak terlebih dulu sebelumnya ikut memanjangkan kuku dan menghiasnya. Lantaran apa pun hukum yang diaplikasikan, mempunyai argumen sendiri untuk diikuti. Lantas apa hukum memanjangkan kuku dalam Islam?
Agama Islam demikian memerhatikan kebersihan umatnya. Termasuk juga kuku juga, tak luput dari perhatian agama yang dibawa Nabi Muhammad SAW ini. Kenyataannya memanjangkan kuku bertentangan dengan Agama Islam.

Umumnya ulama memiliki pendapat bila hukum memanjangkan kuku yakni makruh. Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi


shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda yang artinya:


Ada lima type fitrah, yaitu : khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak. ” (HR. Bukhari no. 5891 dan Muslim no. 258)

Dari hadist di atas dapat dijumpai kalau memotong kuku yaitu ajaran beberapa nabi. Hal semacam ini sesuai sama fitrah manusia yang diterangkan dalam hadist diatas.

Sebagai bentuk penekanan, Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bahkan juga pernah berikan batas waktu pada beberapa teman dekat untuk memotong kuku mereka. Bila kurang lebih lebih waktu itu, menurut Imam Asy Syaukani dalam Nailul Author jadi hukumnya haram. Hal semacam ini berdasar pada hadist tersebut:

Teman dekat Anas bin Malik menyampaikan, “Kami di beri batasan dalam memendekkan kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, agar tak tidak dilewatkan kian lebih 40 hari. ” (HR. Muslim 258).

Menurut Imam Nawawi kuku yang panjang punya potensi jadi sarang penyakit. Bukan sekedar itu, walaupun bersih, kuku juga punya potensi menghambat air wudhu masuk ke sela-sela kuku hingga wudhu jadi tak prima. Namun bila kuku pendek, potensi air wudhu bisa bersihkan sisi jari bakal makin besar. Walau demikian, semalas-malasnya orang, optimal kukunya harus dipotong dalam 40 hari.  (infoyunik)


http: // www. infonews. com / 2016/04 / hati-hati-dalam-memperpanjang-kuku-ini. html

HATI HATI DALAM memanjangkan kuku. INI LHO HUKUM MEMANJANGKAN KUKU DALAM ISLAM. BACA SELENGKAPNYA ,, TOLONG DI SHARE YA 4.5 5 Unknown Kuku yang cantik dan terawat tentu jadi satu diantara daya tarik sendiri. Keberadaannya makin mengambil perhatian dengan banyaknya bentuk pe...